INFO 1 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 2 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 3 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 4 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya. INFO 5 : Ini hanya contoh teks berjalan yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan informasi diskon dan sebagainya.
Menu
Model
Beranda » Objek Wisata » Sejarah Museum Rahmat Medan Sumatera

Sejarah Museum Rahmat Medan Sumatera

Dipublish pada 10 May 2021 | Dilihat sebanyak 141 kali | Kategori: Objek Wisata

Museum Satwa Internasional Rahmat berlokasi di Petisah Hulu, Medan Baru, Sumatera Utara. ini ada di area Kota Medan. Tidak hanya ada museum, tapi ada juga galeri atau koleksi yang indah untuk di nikmati. ada koleksi spesies langka dari perburuan di berbagai belahan dunia disini.

Museum ini memiliki lebih dari 2.000 hewan yang ditata secara artistik sesuai habitatnya dalam ruangan sejuk dalam Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Rahmat adalah orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan internasional. diantaranya dari 5 Grand Slam dan World Hunt Awards.

Sejarah Museum Rahmat Medan Sumatera

Museum Rahmat memiliki beragam satwa liar yang telah diawetkan oleh para pemburu. Tujuannya untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa kami berharap satwa liar tidak punah. Koleksi menarik berjudul The African Big Five / Five Big Beasts from Africa. ini meliputi Banteng, Gajah, Cheetah, Badak Putih, dan Singa.

Di Museum Rahmat ini, setiap spesies dibagi menjadi dua bagian. semua jenis kucing baik kecil maupun besar termasuk dalam kategori kolektor kucing dunia. diantarnya ada harimau, macan tutul, anak harimau, singa dan lain sebagainya.

Awalnya Museum Rahmat adalah museum langsung, jadi sudah dibuka untuk umum. Pemilik kawasan ini bernama DR. H. Rahmad Shah menerima berbagai penghargaan dunia Word Hunting Awards dan The Big Five The Grand Slam Awards. jadi, tiket untuk mengunjungi cukup mahal.

Tiket ke Museum Rahmat adalah

  • Anak-anak 3-12 tahun Rp. 25.000 / orang.
  • Pelajar yang membawa kartu pelajar Rp. 20.000 / orang.
  • Dewasa Rp. 50.000 / orang.
  • Turis dewasa Rp. 150.000 / orang.

Fasilitas dan Akomodasi di Museum Rahmat

Di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery terdapat berbagai macam penginapan yang bisa di kunjungi untuk bersantai sambil berbelanja. Ada perpustakaan, toko suvenir, Legend International Hal dan kafe.

Rute ke lokasi Museum Rahmat

Untuk ruten sampai ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. tidak perlu khawatir, ini terletak di pusat kota. hanya perlu naik angkutan umum menuju museum. bisa juga menggunakan transportasi online yang akan mengantarkan ke museum.

Bagi Anda yang datang dari luar kota. bisa juga dengan naik mobil / pesawat ke Medan. Sampai di kota medan Anda cukup pergi ke jalan jl. s.parman / Anda dapat menggunakan peta google untuk mengaksesnya sekarang.

4 Daftar Museum lain yang terkenal di Sumatera Utara

Kota Medan memiliki banyak tempat bersejarah yang menarik, seperti museum. ada beberapa daftar wisata museum terkenal di Medan. bukan hanya Rahmat International Wildlife Museum & Gallery  seperti yang kami bahas di atas. museum  lain juga bisa Anda kunjungi disini.

Semua orang tentu sudah kenal dengan Kota Medan. ini menjadi kota di provinsi Sumatera Utara terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya di pulau jawa. Kota ini memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang bisa Anda kunjungi.

Berikut ini beberapa daftar museum di Medan yang tidak boleh dilewatkan. ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran budaya. sangat cocok jika dikunjungi bersama anak-anak untuk memberikan pelajaran sejarah, kekayaan budaya dan pelestarian alam.

  1. Museum Negeri Sumatera Utara

Museum ini ada di jantung kota Medan jadi mudah dijangkau. ini dikenal sebagai Gedung Archa / Museum Negara Provsu. Museum Negeri Sumatera Utara resmi didirikan pada tahun 1982 pada 19 April.

Bangunan museum menyerupai rumah Sumatera Utara. bangunan atap dihiasi ragam ornamen dari berbagai suku, seperti Nias, etnis Pakpak, Simalungun, Karo, Mandailing, Batak Toba, dan Melayu. museum ini memiliki dua lantai utama yang permanen.

Di dalam museum terdapat banyak ruangan lain yang digunakan sebagai ruang komputer, ruang pameran sementara, ruang kantor, ruang film mikro, perpustakaan, ruang pengajaran, dan gudang. Museum ini memiliki sekitar 6.799 benda bersejarah.

Kumpulan benda prasejarah meliputi sejarah pembentukan alam semesta, persebaran hewan, tumbuhan, kehidupan prasejarah, replika fosil, manusia purba dan instrumen prasejarah. ada juga kolekasi dari kerajaan hindu, budha, kolonialisme di wilayah Sumatera, dan periode kerajaan Islam.

Disini bisa melihat ringkasan perjuangan rakyat Sumatera utara melawan penjajah. ada benda seperti obat tradisional, senjata, dan alat komunikasi. Fasilitas di museum ada tempat parkir, gazebo, restoran, dan kamar mandi.

Terdapat juga pilihan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan. adapun Information Center jika memiliki pertanyaan tentang arsip dari museum. Museum ini buka mulai pukul 08.30 sampai 12.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. untuk hari biasa museum beroperasi mulai pukul 13.30 hingga 17.00 WIB.

  1. Museum situs kota Cina

Museum situs kota Cina terletak di utara Kota Medan, Marelan. memiliki banyak artefak sejarah yang menjadi simbol perdagangan Indonesia ke Tionghoa dan pendatang lainnya. Tiket masuk bervariasi, untuk warga lokal pelajar Rp 5.000, mahasiswa Rp 10.000, dan dewasa Rp 15.000.

Museum ini ditemukan pada tahun 1970-an, sejarahnya berawal dari ditemukannya patung-patung kuno pada tahun 1986. Pada masa-masa awal, Tiongkok ada pelabuhan utama pada abad ke-12 hingga ke-14. Negara besar seperti Johor, Thailand, India, Myanmar, dan China menjadi pedagang di pelabuhan ini.

Museum ini memiliki bentuk seperti perahu, terdiri dari dua bangunan yaitu bangunan induk dan gedung pertemuan. Bangunan induk terdiri dari 4 ruangan. Ruang pertama akan memberikan wawasan tentang kekayaan hasil di Sumatera Utara. sisi kedua berisi batu-batu kuno yang diperkirakan berusia ribuan tahun yang lalu.

Di tempat ketiga dan keempat didedikasikan untuk peninggalan Tiongkok kuno. Material ini berasal dari kawasan Danau Siombak. Koleksi museum lainnya ada barang antik berupa koin kuno, tembikar kuno, tulang hewan berusia ratusan tahun, prasasti batu Budha dan Hindu.

  1. Museum Uang Sumatera Utara

2 Mei 2017 lalu Museum Uang Sumatera Utara ini dibuka untuk umum. Tujuan pembukaannya adalah untuk mendidik wisatawan memahami tentang mata uang yang pernah digunakan selama Perang Revolusi di Sumatera bagian utara.

Museum ini pertama kali di muali oleh Saparudin Barus, beliau adalah kolektor uang asal Indonesia. ada banyak fasilitas yang bisa di manfaatkan, antara lain ruang belajar, ruang inspirasi, perpustakaan, hingga toko suvenir. Selain itu masih banyak koleksi lainnya, berupa koin kesultanan, token, mesin cetak Orita (Oeang Republik Indonesia Tapanoeli) dan Orida (Oeang Republik Indonesia Daerah/Darurat).

  1. Museum Perkebunan Indonesia

Museum Perkebunan Indonesia lebih nyaman disingkat dengan nama Musperin. ini jadi satu-satunya tempat Museum Perkebunan yang ada di Indonesia. Museum ini dibuat sebagai pusat informasi dan edukasi tentang penanaman pohon.

Pendirinya adalah Soedjai Kartasasmita dengan tujuan menciptakan fasilitas rekreasi untuk masyarakat lokal dan orang asing. Museum ini memiliki dua ruangan yang berisi koleksi-koleksi Perkebunan. disini Anda bisa mengetahui sejarah hasil dari Perkebunan.

Museum ini menawarkan gaya Eropa karena bertempat di gedung AVROS. adapun objek foto yang dapat Anda lihat berupa kereta uap, pesawat terbang, dan kereta api yang digunakan untuk mengangkut hasil Perkebunan di masa lalu. Fasilitas lainnya yang tersedia ada toilet, tempat parkir, dan pusat data.

Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya

10 Destiniasi Wisata di Pulau Samosir

Dipublish pada 15 May 2021 | Dilihat sebanyak 94 kali | Kategori: Objek Wisata

Pulau Samosir  – Bukan hanya Danau Toba, ada destinasi lain yang menjadi tujuan wisata utama ke Sumatera Utara. Ini  adalah tentang berkunjung ke Pulau Samosir. Daya tarik tempat ini mampu buat wisatawan domestik maupun mancanegara tergoda. banyak yang ingin tahu... selengkapnya

11 Tempat Wisata Di Sekitar Danau Toba

Dipublish pada 6 May 2021 | Dilihat sebanyak 134 kali | Kategori: Objek Wisata

Danau Toba adalah danau terbesar dan terdalam di Asia Tenggara. ini dikelilingi oleh tujuh kota di bagian utara Sumatera. jadi membuat danau terlihat dari berbagai tempat dengan keragaman budaya masyarakat sekitar dan pemandangan Danau Toba. Keindahan Danau Toba, selain dari... selengkapnya

Taman Nasional Gunung Leuser

Dipublish pada 20 May 2021 | Dilihat sebanyak 109 kali | Kategori: Objek Wisata

Taman Nasional Gunung Leuser termasuk kota unik di Nangroe Aceh Darussalam provinsi Sumatera utara. Sisanya berada di Aceh Timur, Aceh Selatan, dan Langkat Sumatera Utara yang terkenal dengan produksi kopi dan tembakau kelas dunia. Sebagian besar wisatawan sering berpetualang di... selengkapnya